CONTOH PROPOSAL USAHA
BAB 1 Pendahuluan
a. Nama dan alamat perusahaan
Nama perusahaan
: BAYAM MIN “Crispy Bayam”
Alamat
perusahaan : Jl. DIDI KUSUMA No.18 PURWOKERTO
b. Nama dan alamat penanggung jawab
penanggung
jawab : RITA ANINDITA
Alamat
: Jl. DIDI KUSUMA No.18 PURWOKERTO
c. Informasi usaha
Perusahaan kami bergerak dibidang
makanan ringan .Tareget pemasaranya untuk siapa saja, khususnya adalah ibu-ibu
yang mau makanan ringan.
BAB II Deskripsi aspek
aspek usaha
a. Deskripsi umum usaha
Pada usaha ini kami memberi nama
BAYAM MIN. Dan usaha yang kami tawarkan yaitu makanana ringan (snack) yang
menerima pesanan sampai berpcs. Bayam min ini memiliki peluang usaha yang
sangat terbuka lebar dan dari analisa kami ,usaha ini memiliki target
pasar yang tidak terbatas oleh umur maupun status dan diminati oleh para
remaja. Kelebihan usaha kami adalah menyediakan makanan yang berkualitas dan
terjangkau untuk para pelajar.
b. Latar
belakang industry
Produk snack adalah produk makanan sekunder, selingan
ataupun camilan. Rasa, kerenyahan, harga yang terjangkau, kemasan yang modern,
tahan lama maupun beraneka bentuk dan jenis produk snack merupakan faktor -
faktor yang membuat produk snack diminati masyarakat sehingga produk snack
mempunyai peluang pasar yang baik. Masyarakat yang
dinamis lebih mudah tertarik dengan produk-produk unik dan modern, namun sangat
jarang ditemukan produk snack yang sehat dan mempunyai kandungan gizi di
pasaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan kegiatan membuat produk pangan dengan
memanfaatkan produk pertanian, seperti bayam, hasil pertanian bayam merupakan
salah satu bahan nabati yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.
c. Sejarah dan latar belakang perusahaan
Usaha ini didirikan oleh 10 anak UKM
yang berawal dari sebuah kelas atau pertemanan dan dari sebuah ide untuk
membuat usaha. Dengan modal yang tidak terlalu besar kami membuka usaha dengan
nama Bayam min. Awal mula nama berasal dari penyakit mata saya yaitu min . dari
hasil pemikiran nama tersebut kami menemukan nama usaha yang akan dijalani dan
produk yang ditawarkan dalam usaha ini adalah makanan ringaan.
Tujuan atau Potensi dan Pembagian
Waktu
Tujuan dari mendirikan usaha ini :
1.
Menciptakan diversifikasi pangan dengan bahan baku pertanian lokal.
2. Meningkatkan kualitas,
kapasitas dan variasi produks serta ekspansi pasar.
3.
Menciptakan produk snack sehat dan bergizi yang variatif, inovatif, dengan harga
terjangkau.
4. Membuka
lapangan kerja bagi masyarakat sekitar kampus UNSOED sebagai wujud
pemberdayaan
masyarakat.
5.
Meningkatkan motivasi jiwa wirausahadan meningkatkan pendapatan masyarakat.
Pembagian Waktu yang kami rencanakan
:
Jam Kerja Lokasi Pemasaran Konsumen
1. Pada saat sekolah ( 06.30 – 15.30 ), Lingkungan universitas UKM
Jam Kerja Lokasi Pemasaran Konsumen
1. Pada saat sekolah ( 06.30 – 15.30 ), Lingkungan universitas UKM
2. pada saat diluar sekolah,
lingkungan umum semua orang, mulai dari saudara, tetangga dan teman .
d. Keunikan
Produk atau Layanan
Keunikan produk yang kami miliki
dari segi pelayanannya. Biasanya kita melihat pengusaha makanan yang
mengesampingkan kualitas, tetapi untuk usaha kami ini pelayanan dan
kwalitas produk adalah nomor satu. dan kami membuat bayam min dengan
kwalitas terjamin. Sehingga para pelanggan bisa memakan dengan tidak gelisah.
BAB III Aspek pemasaran
a. Penelitian
dan anilisis
1. Target
pasar atau konsumsi
Target Pasar merupakan kunci
penting yang harus diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha makanan
ringan ini setiap hari Sesuai pesanan yang bermacam-macam kemasan.
target pasarnya yaitu :
- saudara, lingkungan rumah, antar
teman dan
- seluruh kalangan masyarakat yang
kita jumpai tak terkecuali siswa/i dan guru-guru UKM
2. Ukuran
dan tren pasar
Tren snack yang tidak ada matinya, hanya yang berubah hanya
tren kemasna produk yang ditawarkan dan pelayanan.
3. Situasi persaingan
Pesaing dari produk ini adalah berbagai macam produk snack dari home
industri maupun dari pabrikan yang banyak dijual dipasaran.
4. Kalkulasi/perkiraan bagian pasar
Baym min membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan
pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami
akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik,
sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa
kembali ke tempat kami.
b.
Rencana pemasaran
1. Strategi pasar
Target pasar jangka panjang adalah memberikan produk
yang inovatif, variatif, dan bergizi, terjangkau harganya, dan berkelanjutan bagi mahasiswa, pegawai, dan masyarakat di daerah Purwokerto dan
daerah lainnya jika memungkinkan produk kami bisa diproduksi masal skala
produksi pabrikan.
2.
masalah penetapan Harga
Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga pasar. Tidak jarang kita melihat harga terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Kita perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku bagus dengan harga yang murah, sehingga bisa menghasilkan produk yang bagus.
Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga pasar. Tidak jarang kita melihat harga terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Kita perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku bagus dengan harga yang murah, sehingga bisa menghasilkan produk yang bagus.
1.
bayam min kecil = Rp. 10.000/pcs
2.
bayam min besar = Rp. 25.000/pcs
3.
periklanan dan Promosi
melalui mouth to mouth kepada relasi,
kami juga mempromosikan produk ini dengan menyesuaikan kemajuan tekhnologi
informasi. Banyaknya mahasiswa yang memiliki akun jejaring sosial menjadi salah
satu kesempatan untuk mempromosikannya lewat jejaring sosial, seperti facebook,
blackberry messenger, twitter, blog dan email. Kami pun akan melakukan
kerjasama dengan organisasi mahasiswa di setiap event. Selain itu, kami akan memberikan
bonus gratis satu pcs “Bayam min” Crispy Bayem untuk setiap pembelian 10 kali
dengan konsep member card. Kami juga
memiliki logo dan warna banner yang eye catching sehingga dapat menarik
pengunjung. Tempat yang strategis membuat konsumen tertarik untuk datang dan
kembali lagi memesan produk kami.
BAB IV penelitian model
dan pengembangan
a. Pengembangan dan rencana design
Dalam
produk kami pengembangan dan rencana desain yang kami terapkan seperti
memberikan variasi atau bentuk design yang berbeda seperti biasanya, serta
menciptakan sesuatu yang unik terhadap design yang kami tawarkan kepada
konsumen sehingga memberikan kepuasan kepada konsumen dan pasar. Keunikan dan
variasi salah satunya seperti membuat design yang bervariasi dari design untuk
anak muda sampai yang tua.
b. Hasil hasil penelitian teknologi
Dalam pendirian suatu industri pengolahan pangan
diperlukan pengkajian mengenaikapasitas produksi, jenis teknologi yang
digunakan, peralatan dan mesin-mesin yang digunakan. Dalam produksi, untuk
menjaga konsistensi kualitas dan kuantitas produk dilakukan dengan manual dan
mesin.
c. Kebutuhan asisten penelitian
Kami
melakukan percobaan-percobaan untuk mendapatkan hasil .
Kebutuhan yang diperlukan untuk
melakukan uji coba yaitu :
1.
Mesin produksi manual maupun cetak
2.
Peralatan pengorengan
3.
Bahan baku untuk crispy bayam
4.
model kemasan
d. sturktur biaya
Analisa Ekonomi
a.
Peralatan penggorengan Rp. 500.000,-
b.
Sewa tempat usaha 1 tahun Rp.
3.000.000,-
c.
Pengadaan Listrik dan air Rp.
1.000.000,-
d.
Mesin produksi Rp.
1.000.000,-
e.
Plastik pembungkus Rp. 500.000,-
Modal awal
Sewa tempat per bulan
Rp 250.000,00
Peralatan penggorngan Rp 1.000.000,00
Bahan baku crispy
bayam
Rp 350.000,00+
Total
Rp 1.600.000,00
Bahan-bahan (Per bulan)
a. Bayam Rp. 200.000,-
b. 8 Kg Tepung terigu Rp. 0.000,-
c. 1 Kg Tepng
kanji Rp. 10.000,-
d. 2 Kg Tepung beras Rp. 25.000,-
e. Santan Rp. 30.000,-
f. 2 Kg Telur Rp. 30.000,-
g. 5 Kg Minyak goreng Rp. 60,000,-
h. Bumbu aneka
rasa Rp. 50.000,- +
TOTAL Rp. 305.000,-
Total Rp.9.695.000 + Rp. 305.000 =
Rp.10.000.000,-
Perhitungan Usaha dan Asumsi Pendapatan
a. Pendapatan kotor dalam satu
bulan
Penjualan min.
50pcs/hari x @ Rp. 6.000,-x 30 Hari Rp.
9.000.000,-
Total Pendapatan Kotor Satu Bulan Rp. 9.000.000,-
b.
Biaya Bahan Baku Satu Bulan
50 pcs x @ Rp. 43.600,- x 30 Hari Rp.,-
c.
Biaya Operasional
Upah Karyawan Rp. 2.250.000,-/
Bulan x 5orang Rp. 700.000,-
Sewa Tempat/Bulan Rp. 250.000,-
Total Biaya Rp.3.200.000,-
Laba Bersih Per Bulan
(Pendapatan Kotor – Biaya Bahan
Baku dan Biaya Oprasional)
(Rp. 6.750.000 - Rp. 3.200.000) = Rp.
3.550.000,-
Break Even Point atau Balik Modal
(Investasi Awal/Laba Bersih Per
Bulan) = 4-5
Bulan
BAB 5 ASPEK PABRIK
a. analisis lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat
yang strategis. karena berada tidak jauh dari Pusat Kota dan dekat dengan
sekolah kami, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama yang merupakan
jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan
didatangi. Dan di daerah kami blm banyak penyedia jasa sablon .
b. Kebutuhan produksi
Kebutuhan untuk produksi yang
dibutuhkan
a. Peralatan
penggorengan
b. Sewa tempat usaha 1 tahun
c. Pengadaan
Listrik dan air
d. Mesin produksi
e. Plastik
pembungkus
f.
2 Kompor gas
g. 5 Panci
h. 10 Toples
i. 5 Tampah
j. 1 Meja
kerja
k. 2 Tabung Gas 3 Kg
l. 3 Seragam
memasak x Rp. 100.000,-
m.
Publikasi (Banner, Spanduk dll)
n. Timbangan digital
o. Lain-lain
c. Factor transportasi
Letak usaha kami sangat setrategis,
terletak di wilayah pluit yang merupakan pusat kota dan terletak dijalan utama.
Jadi banyak kendaraan/angkot yang melewati jalan tersebut, dan letak usaha kami
bisa detempuh dengan kendaraan apa saja.
d.
Suplai tenaga kerja
Untuk masaah tenaga kerja, kami
tidak membayar org karena akan menambah budget. Oleh karena itu kami sendiri
yang menjalankan usaha ini. Kami membagi tugas ada dibagian produksi
,distribusi, dan promosi.
e. Data biaya pabrik
Biaya bahan baku
Stok bahan baku crispy
bayam selama 1 bulan Rp 790.000,00
Biaya operasional
Biaya sewa tempat/
bln
Rp 250.000,00
Biaya listrik dan
telepon
Rp 1.000.000,00
Biaya transport dan
promosi Rp 300.000,00
Biaya perawatan
mesin
Rp. 200.000,00
biaya tenaga kerja
hanya uang
makan
Rp. 800 000,00+
Total
Rp. 4.550.000,00
BAB VI Aspek managemen
a. Tim managemen
Bisnis ini dimiliki bersama dengan
sistem bagi modal
Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 7 orang
3 orang bertugas dibidang produksi
2 orang bertugas dibidang distribusi
Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 7 orang
3 orang bertugas dibidang produksi
2 orang bertugas dibidang distribusi
2 orang bertugas dibidang promosi
Tetapi karena usaha yang kami dirikan hanyalah usaha kecil jadi semua pihak yang berhubungan dapat membantu pekerjaan satu sama lain istilah lainnya gotong royong.
Tetapi karena usaha yang kami dirikan hanyalah usaha kecil jadi semua pihak yang berhubungan dapat membantu pekerjaan satu sama lain istilah lainnya gotong royong.
b. Struktural
legal
Untuk struktul legal, karena kami
hanyalah usaha kecil jadi kami tidak memiliki struktul legal seperti perjanjian
cadangan barang, tenaga kerja, dan kepemilikan
c. Susunan
organisasi
Usaha yang kami jalankan adalah
usaha perkelompok, dalam penyusunan organisasi susunan penanggungjawab dan
sebagainya akan diuraikan sebagai berikut :
Penanggung Jawab :
: Rita anindita
Konsultan :
: bpk.mahpud (guru KU)
Bendahara :
: rima dani
Penanggung Jawab Konsumen
: Musahhal Tf
: Rahmat Amin
Distribusi&Transportasi
: Iqbal Nuril A
Pemasaran
: yosela agustin
BAB 7 Aspek Managemen
a. Masalah
masalah yang potensial
Risiko yang dihadapi dalam
melaksanakan usaha, diantarannya:
a. Masalah kualitas produk
b. Masalah lingkungan
c. Masalah organisasi
d. Masalah pemasaran/perdagangan
e. Masalah keuangan/permodalan
f. Masalah politik, sosial, budaya, dan peraturan pemerintah
a. Masalah kualitas produk
b. Masalah lingkungan
c. Masalah organisasi
d. Masalah pemasaran/perdagangan
e. Masalah keuangan/permodalan
f. Masalah politik, sosial, budaya, dan peraturan pemerintah
b. Resiko
Dan Hambatan
Adapun risiko dan hambatan yang
dihadapi adalah seperti perubahan permintaan konsumen sehingga memerlukan
kepekaan terhadap selera konsumen, dan melihat para pesaing terutama usaha yang
sejenis dan sama dengan produk yang dibuat serta kejadian yang tidak
diharapkan.
c.
Tindakan
Alternatif
Tindakan
yang kami lakukan dengan terus membuat makanan yang inovatif dan lebih
berkualitas sehinnga mempersempit terjadinya risiko.
BAB VIII Aspek Financial
a.
Perkiraan financial
1.
Keuntungan dan kerugian
Keterangan Harga Keuntungan per bulan,
jumlah yang terjual per bulan
Laba Bersih Per Bulan
(Pendapatan Kotor – Biaya Bahan
Baku dan Biaya Oprasional)
(Rp. 6.750.000 - Rp. 3.200.000) = Rp.
3.550.000,-
Break Even Point atau Balik Modal
(Investasi Awal/Laba Bersih Per
Bulan) = 4-5
Bulan
2.
Arus
Kas
Uraian
|
Jan
|
Feb
|
Maret
|
April
|
Mei
|
juni
|
Perkiraan Penerimaan
|
||||||
Hasil Penjualan Tunai
|
6.000.000
|
6000.000
|
6.750.000
|
7.500.000
|
7.500.000
|
8.250.000
|
Hasil pendesainan
|
120.000
|
120.000
|
170.000
|
220.000
|
220.000
|
250.000
|
Jumlah Penerimaan
|
6.120.000
|
6.120.000
|
6.920.000
|
7.720.000
|
7.720.000
|
8.500.000
|
Perkiraan Pengeluaran
|
||||||
Pembelian Bahan Mentah
|
2.520.000
|
2.520.000
|
2.770.000
|
3.020.000
|
3.020.000
|
3.270.000
|
Pembayaran Upah
|
750.000
|
750.000
|
750.000
|
750.000
|
750.000
|
750.000
|
Biaya Administrasi & umum
|
1.540.000
|
1.300.000
|
1.300.000
|
1.300.000
|
1.300.000
|
1.300.000
|
Jumlah Pengeluaran
|
4.810.000
|
4.570.000
|
4.820.000
|
5.070.000
|
5.370.000
|
5.670.000
|
Surplus(Defisit)
|
1.310.000
|
1.550.000
|
2.100.000
|
2.650.000
|
2.650.000
|
2.830.000
|
3. Analisis
BEP
Modal awal
Rp.
1.600.000,00
Pendapatan/bulan
Rp.
3.550.000,00
Laba
bersih
Rp. 1.310.000,00
BEP
(modal awal/laba bersih per
bln) ±
7 bulan
4.
Biaya
Biaya
tetap
Biaya sewa tempat/ bln
Rp 250.000,00
Biaya listrik dan
telepon
Rp 1.000.000,00
Biaya variable
Bahan baku kaos (@ Rp
43.600,00 x 50 pcs) Rp 2.180.000,00
Biaya semi variable
Uang makan
Rp 750.000,00
BAB IX Aspek jadwal pembagian
waktu
a. Penentuan
waktu dan tujuan
Tujuan dari mendirikan usaha ini :
1. mengaplikasikan hobi
2. mengembangkan talenta yang dimiliki terutama dalam bidang usaha dan dalm bidang design
3. menambah pengalaman
4. mengurangi penggaguran dengan menjadi seorang usahawan sejak dini
5. memperbanyak relasi
1. mengaplikasikan hobi
2. mengembangkan talenta yang dimiliki terutama dalam bidang usaha dan dalm bidang design
3. menambah pengalaman
4. mengurangi penggaguran dengan menjadi seorang usahawan sejak dini
5. memperbanyak relasi
Pembagian Waktu yang kami rencanakan
:
Jam Kerja Lokasi Pemasaran Konsumen
1. Pada saat sekolah( 06.30 – 15.30 ), Lingkungan UKM
Jam Kerja Lokasi Pemasaran Konsumen
1. Pada saat sekolah( 06.30 – 15.30 ), Lingkungan UKM
2.
pada saat diluar sekolah, lingkungan umum semua orang, mulai dari saudara,
tetangga dan teman .
b. Batas
waktu
Untuk
batas waktu yang di tentukan oleh perusahaan ± 7 bulan untuk mencapai BEP dan,
Setiap bulan harus menambah penjualan minimal 10
kaos/bulan
BAB X Apendiks
a.
Surat surat
|
|
||||
|
Tanaman ini tumbuh merambat, cantik bisa digunakan untuk tanaman maupun sayuran segar. Sangat cocok di tanam di halaman rumah maupun lahan. Kaya vitamin dan berbagai mineral seperti tanaman bayam pada umumnya. Silakan jika anda tertarik untuk membudidayakan, masih sedikit yang memiliki. Ada kemungkinan jadi meledak di tahun 2015 ini. Hub: chasiapro@gmail.com atau HP. 082136712513
BalasHapus@Trims Prabowo JOgja
artikelnya bagus,, ijin copas buat tugas
BalasHapusMakaasih banget artikelnya ya ngebantu banget buat ngetjain tugas sekolah:)
BalasHapus